Probiotik dan Diare

Probiotik, Fakta atau mitos?


Diare pada anak atau yang bahasa awam “mencret” dapat disebabkan oleh infeksi maupun non infeksi dan angka kejadian diare cukup banyak di Surabaya. Banyak terapi yang dapat diberikan oleh Dokter Spesialis Anak untuk kasus diare, dan salah satu yang¬†sering diberikan adalah probiotik. Probiotik biasanya dalam kemasan lonjong berupa bubuk yang tidak mengandung rasa.

diaredokterspesialisanak

Berikut adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang tua:

  1. Apakah efek dari probiotik? Uji klinis terkini menunjukkan bahwa probiotik memiliki efek pencegahan terhadap infeksi diare yaitu menurunkan rasio kejadian infeksi diare.
  2. Bagaimana cara penyimpanan probiotik? Ada beberapa produk yang harus disimpan dalam kondisi dingin, namun ada juga yang dapat disimpan dalam suhu kamar. Jadi sebaiknya orang tua membaca petunjuk pada sachet terlebih dahulu.
  3. Manakah yang benar, antara mengkonsumsi probiotik 2 jam sebelum atau sesudah minum antibiotik? Ketika mengkonsumsi antibiotik, direkomendasikan 2 jam setelahnya baru mengkonsumsi probiotik. Antibiotik akan membunuh bakteri merugikan, setelahnya probiotik akan lebih mudah menggantikannya dengan bakteri yang baik
  4. Apakah ada dosis maksimal untuk probiotik? Tidak ada batas dosis maksimal harian probiotik karena telah dianggap aman di seluruh dunia.
  5. Apa kriteria probiotik yang baik? Probiotik yang baik adalah bakteri yang dapat mencapai saluran cerna dalam tetap hidup.
  6. Apakah anak di bawah 1 tahun aman mengkonsumsi probiotik? Aman.
  7. Apakah ada interaksi obat antara probiotik dengan obat lainnya? Probiotik dapat berinteraksi dengan pemberian antibiotika sehingga konsumsinya dianjurkan 2 jam setelah pemberian antibiotika. Probiotik juga dapat menstimulasi absorpsi vitamin, kalsium dan mineral sehingga memberikan dampak baik.
  8. Apakah perlu jeda antara konsumsi probiotik dan zinc? Tidak perlu rentang waktu antara konsumsi probiotik dan zinc.
  9. Berapa lama probiotik tetap efektif apabila konsumsinya dicampur dengan air atau susu? Lebih baik dikonsumsi dalam waktu 5 menit setelah dicampur dengan air atau susu.
  10. Apakah ada kejadian alergi terhadap probiotik? Hingga saat ini tidak ada efek samping yang dilaporkan dari konsumsi probiotik.

Namun tetap pada prinsipnya segala macam pengobatan harus sesuai anjuran dokter spesialis anak dengan mengetahui penyebab diare itu sendiri. Adapun tanda bahaya yang harus diwaspadai adalah adanya kekurangan cairan pada anak akibat diare, antara lain mata cowong, frekuensi dan volume buang air kecil yang berkurang, anak tampak sangat haus maupun anak mulai tidak sadar.

Apabila terjadi hal-hal di atas segera bawa anak Anda ke fasilitas kesehatan terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

(Diambil dari Question and Answer by Novell Pharmaceutical Lab Cell Biotech Korea Co. Ltd)

 

1510 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *