Kejang pada Anak

Kejang pada Anak merupakan hal yang paling mengkhawatirkan untuk para orangtua. Kejadian dapat begitu tiba-tiba dan tidak jarang dapat berakhir fatal. Pada kesempatan ini, saya akan berbagi mengenai kejang demam pada anak.

Kejang demam atau istilah awam “step” biasanya dapat terjadi pada anak usia 6 Bulan – 5 tahun, artinya anak dalam rentang usia tersebut rentan terjadi bangkitan kejang apabila suhu tubuh > 38.5 ºC.

Flu anak

 

Yang paling penting untuk orangtua adalah bagaimana cara mengatasi demam agar jangan sampai berlanjut ke suatu kejadian kejang demam. Berikut adalah tips-tips yang mungkin bermanfaat:

  1. Pastikan orangtua selalu mengukur suhu anak dengan termometer, bukan dikira-kira.
  2. Ketika suhu tubuh anak lebih dari 37.5ºC, kompres tubuh anak dengan air hangat dan berikan obat penurun panas. Kompres tubuh anak diusahakan seluas mungkin, bukan hanya di kepala dan ketiak.
  3. Apabila terjadi bangkitan kejang, hindari membubuhkan cairan apapun ke tubuh anak. Buka bajunya, pastikan anak di tempat yang aman dan apabila memungkinkan segera diberikan obat anti kejang lewat dubur. Setelah itu segera dibawa ke UGD terdekat.
  4. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tenaga medis apabila anak demam lebih dari 3 hari, ada riwayat kejang sebelumnya atau anak memiliki kebutuhan khusus.
585 Total Views 1 Views Today

2 thoughts on “Kejang pada Anak

  1. Hendra stiawan says:

    Dok , apa kejang demam bisa di sembuhkan tanpa menunggu anak sampai umur 5 tahun?

    1. dr. N. Erica Jahja SpA, M. BioMed says:

      Bisa dikontrol Pak apabila berulang terus menerus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *