Demam lama yang tidak jelas, apakah berbahaya?

Selamat pagi Bunda yang ada di Surabaya.

Anak-anak selama periode tumbuh kembangnya, pasti pernah mengalami demam. Namun apakah semua demam perlu diwaspadai dengan serius? Ataukah ada demam tertentu yang perlu perhatian lebih? Pada hari ini, kita akan membahas “Demam lama yang tidak jelas, apakah berbahaya?”

Untuk membahas demam yang lama, perlu kita ketahui kriteria demam lama atau kronis dan demam akut atau mendadak. Demam lama apabila demam tersebut terjadi selama lebih dari 7-14 hari baik secara terus menerus maupun berulang. Sedangkan demam yang mendadak oleh penyebab infeksi baik virus maupun bakteri, biasanya berlangsung kurang dari 7 hari.

Diambil dari http://www.newkidscenter.com/Fever-in-Children.html

 

Apabila anak sering mengalami demam atau demam lama yang tidak jelas, maka orangtua harus membawa sang buah hati ke tenaga medis untuk mencari penyebab yang pasti. Pemeriksaan penunjang baik darah lengkap, skrining adanya infeksi TBC, pemeriksaan urine hingga CT Scan kepala dapat diperlukan untuk mencari penyebab demam tersebut. Kebutuhan akan pemeriksaan penunjang tentu saja tergantung dari penilaian tenaga medis dan kondisi anak tersebut.

Jadi Bunda, demam lama yang tidak jelas, apakah berbahaya? Jelas akan berbahaya apabila tidak diketahui penyebabnya karena nantinya akan menganggu tumbuh kembang Anak.

Salam.

568 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *